Sejarah Singkat Desa Tegaldlimo

  17 Maret 2017  |  DESA TEGALDLIMO

Pada jaman dahulu sekitar tahun 1915 di wilayah Kabupaten Banyuwangi bagian selatan Sungai Setail kurang lebih 3 km terdapat sebuah dataran rendah yang banyak ditumbuhi pohon Delima yang diberima nama Desa Tegaldlimo.

Desa Tegaldlimo memiliki wilayah beberapa padukuhan, salah satunya adalah padukuhan yang bernama Dusun  Kampung 2 konon padukuhan tersebut diberi nama “Kampung 2” karena dahulu nama Padukuhan/Dusun diambil dari nama urutan Kampung Desa Tetangga Desa Wringinpitu.

Dalam perkembangan jaman dan pesatnya era Pembangunan Dusun Kampung 2 tidak lagi digunakan dan selanjutnya Dusun  Kampung 2 pada tahun 1986 oleh tokoh masyarakat dirubah/diberi nama Dusun Sumberluhur hingga sekarang.

 

Pada awal berdirinya Desa Tegaldlimo, yang ditunjuk sebagai Pejabat Sementara (PJS) Kepala Desa Tegaldlimo sampai dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara langsung oleh warga Desa Tegaldlimo adalah PAK MANGUN DIHARDJO.

Kemudian pada tahun 1971, untuk pertama kalinya dilaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Tegaldlimo sebagai calon adalah :

      • Bapak S. Tondo Widjojo
      • Bapak Seri  Karminto
      • Bapak Tukinun
      • Bapak Slamet Diharjo
      • Bapak Abu Hasan
      • Bapak Slamet Yoso
      • Bapak Suhut
      • Bapak Cipto Sanyoto

Kemudian diantara 8 (delapan) calon tersubut Bapak S. Tondo Widjojo terpilih dan secara resmi dilantik menjadi Kepala Desa Tegaldlimo yang pertama.

Adapun wilayah Desa Tegaldlimo pada saat itu meliputi Empat padukuhan atau dusun, sebagai berikut :

  1. Dusun Sumberluhur
  2. Dusun Sumberdadi
  3. Dusun Sumbermulyo
  4. Dusun Sumberejo

Sedangkan asal usul nama masing-masing dusun yang menjadi wilayah Desa Tegaldlimo adalah sebagai berikut :

  • Dusun Kampung 2 konon berasal dari nama urutan Dusun Kampung dari desa tetangga yang terdapat nama Kampung 1 pada tahun 1986 sehingga dusun tersebut diberi nama Sumberluhur.
  • Dusun Kampung 5 juga sama halnya diambilkan dari urutan  Kampung dari tetangga Desa Wringinpitu ada salah satu nama kampung 4 dan untuk memudahkan Dusun tersebut oleh tokoh masyarakat pada jaman itu nama dusun terseubt diberi nama Kampung 5 dan pada tahun 1986 sudun tersebut Kampung 5 dirubah/diganti Dusung Sumberdadi hingga sekarang.
  • Sedangkan asal usul nama Dusun Kampung 11 adalah konon berasal dari urutan kampung yaitu Dusun Kampung 10 Desa Tegaldlimo sehingga pada tahun 1986 ada perubahan Dusun/kampung oleh tokoh masyarakat diberi nama Kampung 11 hingga sekarang.
  • Dusun Kampung 10 juga sama halnya diambil dari urutan nama kampung dari Kampung 11 Desa Tegaldlimo menuju arah ke timur, dahulu Dusun  Kampung 10 dimiliki oleh 4 Desa yaitu Desa Tegaldlimo, Desa Purwoasri, Desa Kendalrejo, dan Desa Kedungwungu perubahan dusun/kampung pada tahun 1986. Oleh tokoh masyarakat diberi nama/diganti Dusun Sumberejo hingga sekarang.
    Demikian asal usul Desa Tegaldlimo yang bisa digali dari para sesepuh desa dan tokoh masyarakat di Desa Tegaldlimo, semoga bisa menjadi pengetahuan dan pengalaman khususnya bagi generasi muda Desa Tegaldlimo dan masyarakat Banyuwangi pada umumnya

Contact Details

  Alamat :   Jl. Bung Karno No. 121 A Tegaldlimo 68484
  Email : tegaldlimo005@gmail.com
  Telp. : 0333-59114 / 082332583637
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi